Berbagai fenomena dan permasalahan sosial di masyarakat mendorong pengarang untuk menciptakan karya sastra yang mengandung kritik sosial. Salah satu karya sastra yang mengandung kritik sosial adalah novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kritik sosial novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen; dan (2) rencana pembelajarannya di kelas XII SMA. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Dari penelitian ini sapat disimpulkan bahwa: (1) kritik sosial novel mencakup lima permasalahan meliputi: (a) kritik sosial masalah kejahatan: eksploitasi anak, perdagangan organ manusia, perampokan, penampungan berkedok panti asuhan, korupsi dan pungutan liar, dan narkotika (b) kritik sosial masalah kemiskinan meliputi: kemiskinan aspek keuangan dan kemiskinan aspek pengetahuan, (c) kritik sosial masalah disorganisasi keluarga: meninggalnya sosok pemimpin keluarga, rusaknya moral orang tua, dan terlalu mementingkan pekerjaan dibandingkan orang tua, (d) kritik terhadap norma-norma masyarakat: delikuensi anak dan penggunaan teknologi yang tidak tepat; (3) rencana pembelajaran novel di kelas XII dilakukan dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang terdiri atas empat pertemuan. Pertemuan pertama difokuskan pada pemberian materi kepada peserta didik. Pertemuan kedua difokuskan pada membaca dan menganalisis novel. Pertemuan ketiga berupa presentasi dan diskusi. Pertemuan keempat adalah penilaian harian.
Copyrights © 2023