Mutu pendidikan Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga, dengan salah satu penyebab utamanya adalah kualitas guru. Kondisi ini mendorong upaya pencarian solusi yang lebih efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan, terutama dari perspektif keagamaan. Artikel ini mengkaji pandangan dan solusi yang ditawarkan oleh Al-Quran dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui peran pendidik. Metode tematik digunakan untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran terkait tugas dan tanggung jawab pendidik. Al-Quran memberikan pedoman jelas mengenai tanggung jawab seorang pendidik, yang tidak hanya terbatas pada aspek pengajaran akademis, tetapi juga mencakup pembinaan moral dan spiritual siswa. Guru, sebagai pendidik, harus menjalankan tugasnya dengan kasih sayang, mengajarkan ilmu yang bermanfaat, serta mendidik siswa menjadi individu yang berakhlak mulia. Selain guru, tanggung jawab ini juga menjadi kewajiban orang tua dan masyarakat, menjadikannya sebuah tugas kolektif yang mulia dan penuh amanah. Tanggung jawab pendidikan ini harus dilaksanakan dengan kesadaran bahwa ia merupakan bagian dari tugas mulia yang diwariskan oleh para Rasul, dan harus dipertanggungjawabkan tidak hanya kepada masyarakat, tetapi juga kepada Tuhan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2004