Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam
Vol 22 No 2 (2024): Juli

KONSEP PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN

Hisyam, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Mutu pendidikan Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga, dengan salah satu penyebab utamanya adalah kualitas guru. Kondisi ini mendorong upaya pencarian solusi yang lebih efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan, terutama dari perspektif keagamaan. Artikel ini mengkaji pandangan dan solusi yang ditawarkan oleh Al-Quran dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui peran pendidik. Metode tematik digunakan untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran terkait tugas dan tanggung jawab pendidik. Al-Quran memberikan pedoman jelas mengenai tanggung jawab seorang pendidik, yang tidak hanya terbatas pada aspek pengajaran akademis, tetapi juga mencakup pembinaan moral dan spiritual siswa. Guru, sebagai pendidik, harus menjalankan tugasnya dengan kasih sayang, mengajarkan ilmu yang bermanfaat, serta mendidik siswa menjadi individu yang berakhlak mulia. Selain guru, tanggung jawab ini juga menjadi kewajiban orang tua dan masyarakat, menjadikannya sebuah tugas kolektif yang mulia dan penuh amanah. Tanggung jawab pendidikan ini harus dilaksanakan dengan kesadaran bahwa ia merupakan bagian dari tugas mulia yang diwariskan oleh para Rasul, dan harus dipertanggungjawabkan tidak hanya kepada masyarakat, tetapi juga kepada Tuhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Other

Description

Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Studi Pemikiran pendidikan Agama Islam. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Januari dan ...