Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas mengalami perkembangan pesat terutama setelah diterapkannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Hal ini adalah sebuah peluang untuk memaksimalkan kemampuan kolaborasi siswa di kelas menjadi lebih efektif. Sayangnya, kesempatan tersebut belum bisa dimanfaatkan secara maksimal terkhusus di kelas XI-10 SMA Negeri 1 Cerme yang masih membutuhkan pengembangan bahan ajar untuk mengakomodasi kebutuhan gaya belajar audio visual siswa hingga 80%. Kebutuhan ini berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan guna menilai efektivitas majalah interaktif berbantuan AR dalam meningkatkan hasil belajar serta keterampilan kolaborasi antar murid. Riset dilaksanakan pada Oktober - Desember 2023 berlokasi di SMA Negeri 1 Cerme pada kelas XI-10 dengan jumlah 25 siswa, berjenis Research and Development (R&D) yang membuahkan produk berupa majalah interaktif, yang dirancang berdasarkan model ASSURE. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran menggunakan majalah interaktif berbantuan AR efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-10 SMA Negeri 1 Cerme secara signifikan. Pembelajaran menggunakan majalah interaktif berbantuan AR juga efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi antar siswa kelas XI-10 SMA Negeri 1 Cerme.
Copyrights © 2024