Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Kecerdasan Kinestetik dan Kepercayaan Diri siswa dengan Hasil Belajar Tari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan jumlah populasi sebanyak 215 siswa dan sampel yang diperoleh sebanyak 139 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: : (1) Terdapat hubungan antara kecerdasan kecerdasan kinestetik dengan hasil belajar tari Piring dengan Pearson Correlation menunjukan 0,149 dan koefisien determinasi sebesar 82% (2) Terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar tari Piring dengan Pearson Correlation menunjukan 0,497 dan koefisien detreminasi sebesar 81% (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan kinestetik dan kepercayaan diri sebesar 0,002<0,05 dengan korelasi positif dan koefisien determinasi sebesar 68% (4) Terdapat hubungan antara X1 dan X2 dengan Y, hasil penelitian secara bersamaan diketahui koefisien determinasi sebesar 84%. Kecerdasan kinestetik dan kepercayaan diri siswa saling mempengaruhi dan dapat berkontribusi pada hasil belajar tari piring pada siswa kelas VIII di SMP Regina Pacis Bogor. Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar, Tari Piring.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024