caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni 2023

PENGARUH STRATEGI AMBT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Saadah, Imas (Unknown)
Gunawan , Dani (Unknown)
Widyaningsih , Yennie Indriyanti (Unknown)
Nuriyanti, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi AMBT terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis Quasi Eksperimental Designyang dirancang menggunakan non-equevalent control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 siswa, dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data dan instrumen pada penelitian ini menggunakan tes yang diberikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan bantuan Microsoft Excel 2016. Adapun hasil penelitian ini sebelum diberikan perlakuan (pretest) menunjukkan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa sebesar 61,62 dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi AMBT diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,95. Berdasarkan hasil statistik diperoleh thitung 2,874 dan ttabel 2,0373. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi AMBT terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 2 Banyuresmi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...