caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 2 (2023): Desember 2023

IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Febrianti, Fitri Ayu (Unknown)
Febrianti, Resti (Unknown)
Tetep (Unknown)
Hermanto, Odang (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah, mengetahui minat baca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap minat baca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN 2 Kota Kulon, Kepala Sekolah, dan Gurukelas IV. Proses analisis data terdiri dari mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Gerakan Literasi Sekolah dilakukan dengan cara membaca terpadu atau membaca yang dilakukan sebelum memulai pembelajaran dan membaca bersama atau membaca yang dilakukan diluar kelas (Hari literasi bersama). Minat baca baca peserta didik kelas IV di SDN 2 Kota Kulon ini tergolong dalam kategori sangat baik. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat bacapeserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 2 Kota Kulon sudah diterapkan atau sudah terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...