caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2024): Juni 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DI KELAS IA SD NEGERI 1 PURWONEGORO

Fitriani, Dyah (Unknown)
Salimi, Moh (Unknown)
Prihati, Prihati (Unknown)
Febrianti, Fitri Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media puzzle di kelas I A SD Negeri 1 Purwonegoro tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan merefleksi hasil obeservasi terhadap proses pembelajaran dengan indikator keberhasilan ketuntasan klasikal mencapai minimal 80% kategori sangat baik. Hasil belajar Pendidikan Pancasila mengalami peningkatan, rata-rata kelas siklus I sebesar 72,06 meningkat menjadi 85,58 pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan klasikal siklus I sebesar 55,77% kategori cukup meningkat menjadi 84,62% kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar pada siklus II sudah melebihi indikator ketuntasan klasikal yaitu 80%. Penggunaan media puzzle membantu untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran Pendidikan Pancasila, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...