Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pemanasan global menggunakan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui e-lkpd liveworksheet di salah satu SMA di Bandung, Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam 2 siklus. Pengumpulan data melalui angket minat belajar, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berbasis CTL melalui e-lkpd liveworksheet dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklusĀ I persentase minat peserta didik dengan kategori sedang mencapai 70%, persentase minat peserta didik dengan kategori tinggi mencapai 30%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan persentase minat peserta didik kategori sedang mencapai 25%, kategori tinggi dengan persentase 75%. SedangkanĀ untuk peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata 67 dengan persentase ketuntasan klasikal 38%, untuk siklus II mencapai nilai rata-rata 81 dengan nilai ketuntasan klasikal 88%.
Copyrights © 2023