Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5, No 2 (2023): Metaedukasi

Pembelajaran Fisika Berbasis CTL Melaui E-LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Materi Pemanasan Global

Mudaim, Sarifah (Unknown)
Yulianti, Yulianti (Unknown)
Danawan, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pemanasan global menggunakan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui e-lkpd liveworksheet di salah satu SMA di Bandung, Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam 2 siklus. Pengumpulan data melalui angket minat belajar, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berbasis CTL melalui e-lkpd liveworksheet dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklusĀ  I persentase minat peserta didik dengan kategori sedang mencapai 70%, persentase minat peserta didik dengan kategori tinggi mencapai 30%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan persentase minat peserta didik kategori sedang mencapai 25%, kategori tinggi dengan persentase 75%. SedangkanĀ  untuk peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata 67 dengan persentase ketuntasan klasikal 38%, untuk siklus II mencapai nilai rata-rata 81 dengan nilai ketuntasan klasikal 88%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...