Kemampuan matematis merupakan hal yang urgen untuk dapat dikuasai oleh peserta didik di era pembelajaran 21. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching At The Right level pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching At The Right levelĀ pada materi bil sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri empat tahap, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/refleksi dan tindak lanjut. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik Kelas X-4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 pada pembelajaran sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2024. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data yang diolah adalah data penilaian Kognitif. Pengolahan data menggunakan hasil pengukuran daya serap dan ketuntasan belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis peserta didik mengalami peningkatan dari sebelum PTK dengan sesudah PTK dengan peningkatan daya serap peserta didik sebesar 4%, peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 14%. Oleh karena itu, model PBL dengan pendekatan Teaching at Right Level dapat meningkatkan kemampuan matematis peserta didik.
Copyrights © 2024