Faktor yang mendukung keberhasilan belajar seseorang diantaranya adalah faktor internal. Salah satunya berupa kemampuan seseorang untuk mengatur dan memberi arah pada dirinya sendiri sehingga mampu memperoleh hasil belajar yang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan atara self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada sub konsep ekosistem di kelas XI MIPA tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 sampai dengan bulan September 2020 disalah satu SMAN di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA dengan jumlah 261 orang. sampel yang diambil dengan menggunkan teknik simple random sampling, sehingga penelitian ini mengambil sampel 7 orang dari setiap kelas XI MIPA dengan jumlah 8 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrumen angket Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) bagian self regulated learning yang diadopsi dari penelitian sebelumnya dan instrumen tes yang berupa soal pilihan majemuk pada materi sub konsep ekosistem yang berjumlah 36 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat person dengan taraf signifikansi (É‘)=5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada materi sub konsep ekosistem (R=0,502). Besar kontribusi dari self regulated learning terhadap hasil belajar sebesar 25,2%.
Copyrights © 2023