Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5, No 2 (2023): Metaedukasi

Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Hartawan, Muhammad Gustian (Unknown)
Dewi, Krisna (Unknown)
Amir, Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Pendidikan adalah usaha yang dilakukan sepanjang hidup untuk menumbuhkan keinginan untuk menjadi lebih cerdas. Pada proses pembelajaran, model pembelajaran ialah komponen penting yang wajib  diperhatikan. Dimana model yang digunakan di penelitian ini yaitu Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 3 Kota Bengkulu tentang kimia, khususnya materi Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen (experimental research). untuk menyempurnakan data dalam kegiatan belajar mengajar, peneliti menggunakan observasi, pengujian, evaluasi, serta dokumentasi menjadi teknik untuk mengumpulkan data ini. berdasarkan data yang diperoleh peningkatan pada siklus 1 yaitu 56% sedangkan pada saat siklus ke 2 meningkat sebesar 88%, hal ini menunjukkan hasil belajar siswa telah melebihi indikator keberhasilan yang telah ditentukan. dengan demikian penerapan model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan LKPD bisa meningkatkan hasil belajar siswa di materi kesetimbangan kimia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...