Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 6, No 1 (2024): Metaedukasi

Peran Guru PPKn dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis

Sugiyarti, Sindy (Unknown)
Patmisari, Patmisari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam penerapan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis yang digunakan dalam mata pelajaran PPKn kelas 8 di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura dalam upaya membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan jenis dan desain penelitian kualitatif deskriptif, dan hasilnya adalah deskripsi. Fokus penelitian adalah karakter bernalar kritis siswa dan guru PPKn di kelas delapan. Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn. Pengumpulan data dilakukan dengan melihat dan mempelajari dokumen. Analisis data melibatkan pengurangan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi bernalar kritis profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran ditunjukkan melalui (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) penggunaan media yang berbeda, dan (3) penerapan pembelajaran yang berbasis reflektif dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...