UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024

Perbedaan Pemahaman Konsep Siswa melalui Pendekatan Saintifik dan STEM pada Topik Rekayasa Genetika

Latif, Rahmawati (Unknown)
Muis, Abd. (Unknown)
Azis, Andi Asmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) yang bertujuan (i) mendeskripsikan pemahaman konsep melalui pendekatan saintifik pada topik rekayasa genetika; (ii) mendskripsikan pemahaman konsep melalui STEM pada topik rekayasa genetika; (iii) menganalisis perbedaan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan saintifik dan STEM pada topik rekayasa genetika;. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIPA yang terdiri atas 7 rombongan belajar dan sampel yaitu kelas XII MIPA 1 dan kelas XII MIPA 4, pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda untuk pemahaman konsep. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pemahaman Konsep melalui Pendekatan Saintifik berada pada kategori sedan; (ii) Pemahaman Konsep melalui Pendekatan STEM berada pada kategori sedang; (iii) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan saintifik dan STEM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...