Instagram bukan hanya menjadi wadah bagi para remaja untuk update berbagai informasi, remaja dapat mewakilkan diri (representasi) melalui unggahan foto maupun video dengan tujuan dan caranya masing-masing. Trend self love merupakan hal yang menarik, ditambah adanya instagram menjadikan fenomena ini cepat tersebar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi self love bagi siswa-siswa SMA Batik 2 Surakarta di media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 5 siswa SMA Batik 2 Surakarta. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Batik 2 Surakarta menunjukkan cinta dirinya dengan mengunggah aktivitas keseharian dengan foto selfie, hoby, kegiatan berolahraga, kegiatan membaca buku, kegiatan berorganisasi, hingga aktivitas liburannya. Meskipun belum sepenuhnya dari remaja memahami konsep cinta diri, namun mereka sudah dapat menerima kondisi dirinya dan percaya setiap individu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Mereka juga berusaha membangun kapasitas diri dengan caranya masing-masing untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024