Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 9, No 1 (2024): April

ANALISIS KARAKTER YANG DAPAT DITUMBUHKAN DALAM MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFIS INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Mas'ad, Mas'ad (Unknown)
Arif, Arif (Unknown)
Munandar, Anas (Unknown)
Rohayati, Nurin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Abstract:  Dalam konteks saat ini, terdapat sebuah isu yang menyoroti fenomena ketidaktepatan implementasi nilai-nilai karakter di kalangan siswa, khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Fenomena ini dapat dihubungkan dengan perubahan lingkungan global yang semakin merambah, yang kemungkinan besar berkontribusi terhadap kesulitan siswa dalam membangun fondasi karakter yang kokoh. Dengan demikian, kecenderungan siswa sekolah dasar untuk teralihkan perhatiannya kepada aspek-aspek yang tidak mendukung penanaman nilai-nilai karakter menjadi hal yang patut diperhatikan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap nilai-nilai karakter yang terakomodasi dalam pembelajaran geografi, terutama pada materi yang membahas kondisi geografi Indonesia, yang diajarkan kepada siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi metode studi kepustakaan, di mana pendekatan ini memungkinkan untuk mengumpulkan data dengan melakukan telaah terhadap berbagai sumber literatur yang relevan, termasuk buku-buku, jurnal, catatan, dan literatur lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...