Berbicara adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa semua jenjang. Manusia berbicara bukan sekedar mengucapkan bunyi-bunyi bahasa. Bahasa sebagai alat komunikasi berimplikasi bahwa kemahiran berbicara menjadi tolok ukur seseorang dalam berkomunikasi. Dalam konteks sosial, kemampuan berbicara membantu membangun hubungan interpersonal yang sehat. Orang yang dapat berbicara dengan baik cenderung lebih mudah bergaul dan menjalin relasi yang positif. Dalam situasi konflik atau ketidaksepahaman, kemampuan berbicara membantu untuk menyelesaikan masalah dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode whole brain teaching untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa serta faktor apa saja yang bisa menjadikan rendahnya kemampuan berbicara siswa dikarenakan rendahnya tingkat literasi di indonesia. penelitian ini menggunakan literatur review dimana penulis mendapatkan sumber informasi melalui berbagai jurnal atau buku yang membahas tentang metode whole brain teaching tersebut. Adapun hasil dari metode Whole brain teaching ini siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berbicara yang ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024