Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Maribaya 01 Kabupaten Tegal

Royani, Riza (Unknown)
Triputra, Dedi Romli (Unknown)
Fitri, Rila Melyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku dan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Maribaya 01, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian explanatori. Teknik sampling yang digunakan adalah metode sensus, di mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Data primer dikumpulkan menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan regresi sederhana. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media sosial secara signifikan mempengaruhi perilaku belajar siswa (nilai t = 3.309, Sig. = 0.003) dan motivasi belajar (nilai t = 2.592, Sig. = 0.015). Pengelolaan kelas juga secara signifikan mempengaruhi perilaku belajar (nilai F = 10.949) dan motivasi belajar (nilai F = 6.717). Pengelolaan kelas mempengaruhi 28,90% dari perilaku belajar dan 19,90% dari motivasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...