HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 2 (2024): Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATERI STATISTIKA BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Rohmah, Nur Nabilah Syahrur (Unknown)
Sunismi (Unknown)
Surahmat (Unknown)
Faradiba, Surya Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media video interaktif berbasis whiteboard animation guna meningkatkan minat belajar matematika siswa pada materi statistika kelas VII SMP, serta menilai kualitas pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang mencakup langkah-langkah Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 DAU. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan responden (guru dan siswa). Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa, media pembelajaran berbasis video whiteboard animation menggunakan aplikasi Benime dengan hasil penelitian kualitas instrument oleh ahli media mendapatkan persentase 83,3% dengan kategori valid, kualitas didaktik dan kontruksi oleh ahli materi mendapatkan 77,8% dengan kategori valid, dan ahli praktisi (guru) mendapatkan persentase sebesar 80,5% dengan kategori valid, serta diperoleh persentase sebesar 90,5% peserta didik memberikan penilaian baik terhadap media pembelajaran berupa video pembelajaran whiteboard animation.   ABSTRACT This research is a development study aimed at developing an interactive video learning media based on whiteboard animation to enhance students' interest in learning mathematics on statistics for 7th-grade students at SMP. The study also assesses the quality of the developed learning media. The development model used is the ADDIE model, which includes the steps of Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research was conducted at SMPN 1 DAU. Data was collected through observation, interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques included feasibility tests by material experts, media experts, and respondents (teachers and students). The result of this research is a product in the form of whiteboard animation-based video learning media using the Benime application. The media expert's evaluation resulted in a validity score of 83.3% (valid category), the material expert's evaluation on didactic and construction quality resulted in a validity score of 77.8% (valid category), and the practitioner (teacher) evaluation resulted in a validity score of 80.5% (valid category). Additionally, 90.5% of students gave positive feedback on the whiteboard animation-based video learning media.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...