Dalam konteks Indonesia yang memiliki heterogenitas yang sangat tinggi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta semboyan Bhinneka Tunggal Eka yang menjunjung tinggi nilai toleransi beragama, baik antar sesama pemeluk satu agama maupun antar pemeluk agama-agama yang berbeda, maka pengembangan pendidikan inklusi ke ranah keberagamaan yang inklusif dan moderat di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia merupakan keniscayaan yang tidak dapat diabaikan lagi untuk menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan bangsa dan negera. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mensosiasilisasikan pentingnya pendidikan inklusivitas beragama sejak usia dini kepada pendidik PAUD, mengimplementasikan pendidikan inklusivitas beragama sejak usia dini untuk internalisasi toleransi beragama anak dalam menghadapi paham ekstrimisme dan intoleransi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa Para pendidik PAUD baik dari guru IGRA, IGTKI, dan HIMPAUDI merasa terbantu dengan adanya sosialisasi pentingnya Pendidikan inklusivitas Bergama sejak anak usia dini dan dengan adanya buku seri cerita karakter untuk anak dengan judul internalisasi karakter moderat pada anak usia dini dapat dijadikan sebagai media dalam penanaman inklusvitas beragama pada anak. Selain itu dengan adanya buku panduan guru yang focus pada STPPA yang didalamnya telah memuat nilai-nilai moderat pada anak sangat membantu guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran khususnya dalam penanaman moderasi beragama pada anak.
Copyrights © 2024