Perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan, sehingga guru-guru dituntut untuk mengembangkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 mengatur bahwa pengembangan profesi menjadi bagian dari proses kenaikan pangkat seorang guru. Namun, observasi di SMK Negeri 61 Jakarta menunjukkan bahwa 70% guru mengalami kesulitan dalam kenaikan pangkat, terutama dalam menyusun karya tulis atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kesulitan ini menyebabkan banyak guru menjadi enggan dan apatis terhadap pengusulan kenaikan pangkat. Banyaknya KTI/PTK yang diajukan sering dikembalikan karena kesalahan atau belum dapat dinilai, dan tunjangan yang diberikan dari kenaikan pangkat belum meningkatkan kesejahteraan secara signifikan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan penulisan laporan PTK untuk menunjang kenaikan pangkat bagi guru di SMK Negeri 61 Jakarta, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
Copyrights © 2024