Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 5 (2024): Journal of Human And Education (JAHE)

Upaya Peningkatan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada UMKM Desa pematang Cengal Barat

Habibah, Naswa Dalilah (Unknown)
Rakipah, Rakipah (Unknown)
Wibowo, M Arif Panji (Unknown)
Batubara, Juni Hidayati (Unknown)
Alfikri, M Ridho (Unknown)
Manik, Azizah Zaniana (Unknown)
Darmansyah, Tengku (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Penurunan pendapatan UMKM desa sebagai akibat dari era digitalisasi menghadirkan tantangan yang signifikan bagi ekonomi lokal. Kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa UIN Sumatera Utara 2024 memiliki program kerja wajib terealisasi untuk meningkatkan ekonomi desa, dimana upaya dalam penelitian ini menurut perspektif kelompok KKN 162 mampu memberi solusi atas permasalahan yang ada. Tim menjadikan 3 UMKM sebagai objek penelitian dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik analisis data menggunakan observasi studi lapangan (wawancara dan pemantauan secara berkala selama 13 hari). Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi strategi pemasaran dan sosialisasi manajemen bisnis di Desa Pematang Cengal Barat telah berhasil meningkatkan efektivitas dan efisiensi UMKM setempat. Melalui diskusi dan penerapan teknologi digital, UMKM desa tidak hanya mampu memperluas jangkauan pasar mereka tetapi juga mengoptimalkan operasional bisnis mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...