DEDIKASI PKM
Vol. 5 No. 3 (2024): DEDIKASI PKM UNPAM

Peningkatan Brand UMKM Melalui Pendekatan Konten Animasi

Prabowo, Wahyu Aji Eko (Unknown)
Zulfiningrum, Rahmawati (Unknown)
Siregar, Nadia Itona (Unknown)
Nugraini, Siti Hadiati (Unknown)
Ayasy, Ahmad Yahya (Unknown)
Adriansyah, Vicky Puja (Unknown)
Putrawan, Zulhandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Potensi wisata terhadap UMKM akan meningkatkan pendapatan wilayah. Salah satu pengembangan daerah wisata yang berpotensi besar dalam meningkatkan perekonomian negara adalah destinasi wisata Karimunjawa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan brand UMKM melalui pendekatan konten animasi sebagai ikon UMKM di Karimunjawa, bekerjasama dengan BUMDES Sejahtera Bahari. Kegiatan ini mengusung pentingnya ikon bagi UMKM lokal dalam mempromosikan identitas produk mereka. Program ini dirancang untuk memanfaatkan elemen budaya unik yang ada di Karimunjawa, meningkatkan kemampuan lokal dalam pembuatan konten animasi, dan memperkuat pemasaran UMKM. Metode yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD) untuk membantu masyarakat dalam melihat potensi yang dimiliki dan mengarahkan untuk peningkatan. Pelatihan dilaksanalan dalam bentuk workshop yang bertujuan untuk merancang pembuatan video animasi sebagai implementasi alat pemasaran yang efektif. Manfaat utama kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan lokal dalam mengeksplorasi potensi daerah, dengan harapan meningkatkan keterlibatan dan daya ingat konsumen terhadap produk lokal. Melalui video animasi diharapkan dapat membantu promosi produk UMKM Karimunjawa, peningkatan ekonomi bagi masyarakat lokal dan menambah daya tarik wisatawan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DKP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan ...