Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme pada mata pelajaran IPS, (2) sikap nasionlisme siswa kelas VII SMP Negeri Selangit pada mata pelajaran IPS. Metode Penelitian kualitatif sampel atau subyek, sampel penelitian seluruh siswa-siswi kelas VII dan subyek Guru IPS kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri Selangit sudah baik dan bagaimana sikap nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri Selangit pada mata pelajaran IPS sudah baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru IPS dan siswa kelas VII di SMP Negeri Selangit sudah baik.
Copyrights © 2023