Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 02 Muara Kelingi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau biasa disebut dengan Pre-Experimental Design dengan metode kuantitatif analisis statistik deskriptif. Sampel penelitian diambil dari populasi kelas Vb SDN 02 Muara Kelingi yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes berbentuk uraian sebanyak empat soal essay. Berdasarkan hasil penelitian data skor tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji t pada hasil Pretest dan Posttest, didapat diperoleh thitung sebesar = 84,142 dan ttabel sebesar = 2.055 sehingga thitung > ttabel. Berdasarkan analisis tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa adanya keefektifan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture pada kemampuan menulis karangan deskripsi di siswa kelas Vb SDN 02 Muara Kelingi
Copyrights © 2024