Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 4 No. 1 (2024): Linggau Journal of Elementary School Education

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICRURE PADA KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI SISWA KELAS V SDN 02 MUARA KELINGI

Ratnasari, Desi (Unknown)
Nugroho, Agung (Unknown)
Valen, Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 02 Muara Kelingi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau biasa disebut dengan Pre-Experimental Design dengan metode kuantitatif analisis statistik deskriptif. Sampel penelitian diambil dari populasi kelas Vb SDN 02 Muara Kelingi yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes berbentuk uraian sebanyak empat soal essay. Berdasarkan hasil penelitian data skor tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji t pada hasil Pretest dan Posttest, didapat diperoleh thitung sebesar = 84,142 dan ttabel sebesar = 2.055 sehingga thitung > ttabel. Berdasarkan analisis tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa adanya keefektifan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture pada kemampuan menulis karangan deskripsi di siswa kelas Vb SDN 02 Muara Kelingi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...