JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model PBL Berbantu Media Papan Kantong Pancasila untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Pada Mapel Pendidikan Pancasila Kelas VIII-A di SMPN 28 Surabaya

Millenny Purwaning Dyah (Universitas Negeri Surabaya)
Raden Roro Nanik Setyowati (Universitas Negeri Surabaya)
Agustin Suswati (Pendidikan Pancasila, SMPN 28 Surabaya)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa kelas VIII-A SMPN 28 Surabaya dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media Papan Kantong Pancasila. Berdasarkan teori konstruktivisme Jean Piaget, proses belajar yang aktif dan interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga tahap: pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pada tahap pra-siklus, dilakukan pre-test untuk mengukur kemampuan awal siswa. Siklus 1 dan 2 melibatkan penerapan PBL dan media Papan Kantong Pancasila dalam pembelajaran, serta observasi dan refleksi untuk mengevaluasi efektivitas metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi aktif siswa, baik dalam diskusi kelompok maupun dalam aktivitas kelas lainnya, yang berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik terhadap konsep-konsep Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...