Nomico
Vol. 1 No. 4 (2024): Nomico-May

Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Melon (Cucumis Melo L.)Di Kabupaten Oku Timur

Indah, Ivanya Meisya (Unknown)
Munajat, Munajat (Unknown)
Efrianti, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan petani melon di Kabupaten OKU Timur serta merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan petani melon di Kabupaten OKU Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2023 hingga Januari 2024. Metode yang digunakan untuk menganalisis masalah dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau total sampling pada petani sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan petani yang berusahatani melon di Kabupaten OKU Timur rata-rata sebesar Rp 29.820.763,00 per musim tanam dengan rata-rata produksi buah melon sebanyak 8.000 kg per musim tanam dengan luasan rata-rata tanaman melon yang diusahakan sebesar 0,25 ha. Strategi yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan pendapatan petani melon di Kabupaten OKU Timur adalah Strategi SO, yaitu dengan menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada, diantaranya yaitu memanfaatkan sumber daya alam dengan baik agar kualitas dan kuantitas produksi melon tetap optimal, memaksimalkan  tenaga kerja yang ada, meningkatkan produksi dengan memanfaatkan akses kredit, serta membuat produk olahan melon (sirup, selai, dll). 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

NJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Nomico is a peer-reviewed open access international journal with the aim of disseminating the results of research, study, and development in the economic and finance, particularly in the fields of (1) accounting, (2) management, (3) capital markets, (4) business law, (5) taxation, (6) information ...