Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SD IT Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok, mengetahui metode internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SD IT Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok, dan mengetahui hasil internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SD IT Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan siswa. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman yang membagi analisis data menjadi tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses internalisasi nilai-nilai agama Islam terdiri atas tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi. Tahap transformasi nilai merupakan transfer pengetahuan nilai-nilai agama melalui komunikasi verbal. Tahap transaksi nilai melibatkan interaksi dua arah antara guru dan siswa, memungkinkan pertukaran nilai melalui dialog dan contoh perilaku nyata. Tahap transinternalisasi merupakan fase di mana siswa menginternalisasi nilai-nilai tersebut melalui pengalaman pribadi dan refleksi mendalam. Metode internalisasi yang diterapkan meliputi peneladanan, pembiasaan, pergaulan, penegakan aturan dan motivasi. Hasil internalisasi nilai-nilai agama Islam di SD IT Dambaan Ummat dapat membentuk karakter siswa yang disiplin, bertanggung jawab, tawadhu’ dan patuh serta ikhlas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai agama Islam di SD IT Dambaan Ummat dapat membentuk siswa yang berkarakter disiplin, bertanggung jawab, tawadhu’ dan patuh serta ikhlas.
Copyrights © 2024