Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pembentukan Karakter Siswa Melalui Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok

Nuryupa, Nuryupa (Unknown)
Amra, Abhanda (Unknown)
Suharmon, Suharmon (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SD IT Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok, mengetahui metode internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam membentuk karakter siswa  di SD IT Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok, dan mengetahui hasil internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa  di SD IT Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan siswa. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman yang membagi analisis data menjadi tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses internalisasi nilai-nilai agama Islam terdiri atas tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi. Tahap transformasi nilai merupakan transfer pengetahuan nilai-nilai agama melalui komunikasi verbal. Tahap transaksi nilai melibatkan interaksi dua arah antara guru dan siswa, memungkinkan pertukaran nilai melalui dialog dan contoh perilaku nyata. Tahap transinternalisasi merupakan fase di mana siswa menginternalisasi nilai-nilai tersebut melalui pengalaman pribadi dan refleksi mendalam. Metode internalisasi yang diterapkan meliputi peneladanan, pembiasaan, pergaulan, penegakan aturan dan motivasi. Hasil internalisasi nilai-nilai agama Islam di SD IT Dambaan Ummat dapat membentuk karakter siswa yang disiplin, bertanggung jawab, tawadhu’ dan patuh serta ikhlas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai agama Islam di SD IT Dambaan Ummat dapat membentuk siswa yang berkarakter disiplin, bertanggung jawab, tawadhu’ dan patuh serta ikhlas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...