Penelitian ini bertujuan mengatasi kesulitan mahasiswa membaca Al-Qur'an melalui pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi mengaji (FAM). Masalah yang diangkat adalah kurangnya kemampuan mahasiswa di IAIN Palopo dalam membaca Al-Qur'an dengan benar sesuai dengan tajwid. Metode yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model EDDIE. Subjek penelitian adalah mahasiswa IAIN Palopo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mengaji yang dikembangkan memiliki validitas yang baik. Validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa aplikasi ini layak digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga praktis digunakan oleh mahasiswa. Angket respon menunjukkan bahwa tampilan media dan materi aplikasi ini sangat praktis. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur'an. Hasil pre-tes dan post-tes menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan membaca Al-Qur'an setelah menggunakan aplikasi ini. Penelitian ini berhasil mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa aplikasi mengaji yang efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur'an.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024