Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan meta analisis. Meta analisis digunakan untuk mengukur ukuran efek dari setiap studi yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematika memiliki hasil yang positif, dengan ukuran efek sebesar 0,854 masuk pada kategori Large Effect berdasarkan interpretasi Cohen. Berdasarkan jenjang pendidikan, ukuran efek yang diperoleh SMA/SMK yaitu 1,191 dan ukuran efek yang diperoleh SMP yaitu 0,709. Berdasarkan model pembelajaran yang digunakan, model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan hasil paling tinggi yaitu 1,041. Selanjutnya berdasarkan materi yang diberikan, geometri pada jenjang pendidikan SMA/SMK memperoleh nilai ukuran efek paling tinggi yaitu sebesar 1,519. Dari temuan yang diperoleh model pembelajaran Problem Based Learning terbukti efektif jika digabungkan dengan Geogebra. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan Geogebra dalam proses pembelajaran matematika untuk mengoptimalkan pemahaman siswa.
Copyrights © 2024