Pengembangan media pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan short video learning dengan aplikasi Articulate Storyline merupakan upaya peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 32 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D, yang terdiri dari empat tahap: define, design, develop, dan disseminate. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol (kelas VII A) dan kelas eksperimen (kelas VII B), sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen sebanyak 19 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket, dan tes. Hasil data dikumpulkan dan diolah dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Temuan dalam riset memperlihatkan media pembelajaran interaktif yang dibuat mendapat kategori "sangat layak" dari validasi ahli media dengan skor 94% dan kategori "layak" dari validasi ahli materi dengan skor 75%. Selain itu, penggunaan media ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh skor N-gain di kelas eksperimen sebanyak 0,72 dengan kategori “tinggi”. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan short video learning dalam media pembelajaran interaktif berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi sarana efektif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 32 Banjarmasin.
Copyrights © 2024