Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas siswa, keterampilan proses sains siswa dan ketuntasan belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakkan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Siklus I diadakan tiga kali pertemuan dan siklus II diadakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Banjarmasin yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siklus I dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan kriteria sangat baik (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada siklus I sebesar 72% dengan kriteria baik dan pada siklus II sebesar 95,84% dengan kriteria istimewa (3) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi asam sebesar 72,97%, yaitu dari 27,03% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, asam basa. This study aims to improve student activity, students' science process skills and students' learning completeness in acid-base material. This study uses a classroom action research design implemented in 2 cycles. Each cycle consists of planning, action implementation, observation and evaluation stages, and analysis and reflection. Cycle I was held in three meetings and cycle II was held in two meetings. The subjects of the study were 37 students of class XI IPA 3 of SMA Negeri 3 Banjarmasin. Data collection techniques used observation, interview, and test techniques. The results of the study showed that (1) The application of the guided inquiry learning model can increase student activity in cycle I with good criteria increasing in cycle II with very good criteria (2) The application of the guided inquiry learning model can increase students' science process skills in cycle I by 72% with good criteria and in cycle II by 95.84% with excellent criteria (3) The application of the guided inquiry learning model can increase students' learning completeness in acid material by 72.97%, namely from 27.03% in cycle I to 100% in cycle II.Keywords: Guided inquiry, science process skills, acids bases.
Copyrights © 2024