cover
Contact Name
Fahmi
Contact Email
fahmi@ulm.ac.id
Phone
+6285348001395
Journal Mail Official
ijseas@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Gedung FKIP 1, Ruang Prodi Pendidikan IPA FKIP ULM Lt. 2
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
INDONESIAN JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND APPLIED SCIENCE
ISSN : 27768252     EISSN : 30635942     DOI : https://doi.org/10.20527
Core Subject : Science, Education,
INDONESIAN JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND APPLIED SCIENCE (IJSEAS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan IPA FKIP ULM. IJSEAS menerbitkan artikel bidang pendidikan, rumpun keilmuan pendidikan IPA, pendidikan kimia, pendidikan fisika, dan pendidkan biologi. IJSEAS terbit 2 nomor setiap satu tahun.
Articles 30 Documents
Pengembangan Media Articulate Storyline Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Materi Tekanan Zat Erma Ratnasari; Syahmani Syahmani; Ellyna Hafizah
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v2i1.7384

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran articulate storyline berbasis problem solving pada materi tekanan zat yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi media, lembar validasi soal, angket keterbacaan dan angket respon siswa. Hasil validasi media dan soal dihitung menggunakan persamaan rumus Aiken’s V dan memperoleh nilai berturut-turut sebesar 0,85 dan 0,84 dengan kriteria validitas tinggi serta  percentage of agreement dihitung menggunakan persamaan rumus menurut Borich dan memperoleh nilai berturut-turut sebesar 84,30% dan 88,90% dengan kriteria konsisten dan sangat konsisten. Hasil kepraktisan media articulate storyline berbasis problem solving ditinjau dari angket keterbacaan dan angket respon siswa, memperoleh nilai berturut-turut sebesar 94,50% dan 93,60% dengan kriteria sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media articulate storyline berbasis problem solving layak digunakan dalam pembelajaran materi tekanan zat.
THE DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MEDIA BASED ON ARTICULATE STORYLINE ON STRUCTURE AND FUNCTION OF THE FOOD DIGESTIVE SYSTEM IN HUMANS TOPICS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL GRADE VIII Jahrah Jahrah; Yudha Irhasyuarna; Mella Mutika Sari
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 3, No 2 (2023): INDONESIAN JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND APPLIED SCIENCE
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v3i2.9700

Abstract

This examination creates articulate storyline learning media which plans to make sense of the legitimacy of the media. This study utilizes a kind of innovative work (Research and development) utilizing the ADDIE model (examination, plan, improvement, execution, and assessment). This examination just arrived at the improvement stage. The information assortment strategy utilizes a media approval sheet with information investigation utilizing a legitimacy test, to be specific Aiken's V. The consequences of this review show that the media articulate storyline with a media legitimacy trial of 0.81, and a material legitimacy trial of 0.83 is remembered for the models of high legitimacy or exceptionally substantial. In view of the portrayal above, it is reasoned that the understandable storyline media is fitting for use in science learning.
Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk SMP/MTs Kelas VII Norlaila Hayati; Maya Istyadji; Rizky Febriyani Putri
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v2i2.7394

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline pada materi kalor dan perpindahannya bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan validitas media pembelajaran, 2) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan instrumen penelitian.  Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan presentase. Hasil analisis penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan untuk pembelajaran dengan skor validitas ahli media pembelajaran sebesar 0,81 masuk dalam kategori sangat valid. (2) media pembelajaran Articulate Storyline yang sudah dilakukan uji coba memperoleh total skor keseluruhan responden yaitu 1077 dengan persentase kepraktisan 83% masuk dalam kategori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan untuk proses pembelajaran IPA tingkat SMP/MTs kelas VII dan dapat digunakan untuk membentuk pemahaman konsep peserta didik.
Development of Middle School Science Learning Module Based on Scientific Literacy on Electrical in Nerve Cells Topic devi rifdha ristianti
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 3, No 1 (2023): Indonesian Journal of Science Education and Applied Science
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v3i1.8078

Abstract

Science literacy is a very crucial competency mastered by students in order to play a role in the development of science and technology and society. However, the science literacy of students at the first middle school level is still relatively low. This study aims to analyze the validity and consistency in the Junior High School Science teaching module as well as supporting devices for modules based on scientific literacy of electrical materials in nerve cells. This study used the Tessmer formatting assessment method. Research on the development of this teaching module to the stage of Expert Research Prototyping which is validated by 3 validators. New data collection techniques include teaching module validation, lesson plan validation, student response validation, and learning outcome test validation. Data analysis techniques are descriptive, qualitative and quantitative. As a result of the research shows: 1) validation of teaching modules in the very good category, 2) validation of lesson plans in the very good category, 3) validation of student responses with good value, and 4) validation of good value learning outcomes tests. It was concluded that the Junior High School Science teaching module based on scientific literacy of electrical materials on nerve cells developed is suitable for use in learning.
Pengembangan Media Articulate Storyline pada Materi Energi untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Mely Ramadani; Ratna Yulinda; Maya Istyadji
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v2i1.7385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media berbasis Articulate Storyline pada materi energi untuk melatih Literasi Sains dari hasil validitas dan uji keterbacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, sampai dengan tahap development. Pengumpulan data dilakukan oleh para ahli materi dan media untuk memperoleh hasil validitas sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh peserta didik di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Berdasarkan data yang diperoleh, media pembelajaran berbasis Articulate Storyline dinyatakan layak digunakan dan dimanfaatkan dalam proses pebelajaran dengan tingkat kelayakan sebesar 0,792 dan memiliki kriteria validitas sedang. Pada hasil uji keterbacaan diperoleh presentase sebesar 86,21% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan literasi sains yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terhadap peserta didik masih rendah, sehinga diperlukan pelatihan pada peserta didik terhadap kemampuan literasi sains.Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran berbasis Articulate Storyline layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar pada materi energi dalam upaya melatih kemampuan literasi sains pada peserta didik.
The Influence of Use Of The Solar System Scope Application on Student Participation in Solar System Sub-Material Class VII SMPN 24 Banjarmasin Desvia Alya Putri Julia Wardanis; Sauqina Sauqina; Mella Mutika Sari
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 3, No 2 (2023): INDONESIAN JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND APPLIED SCIENCE
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v3i2.11500

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh penggunaan Aplikasi Solar System Scope terhadap partisipasi belajar siswa pada sub materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negri 24 Banjarmasin, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VIIG dan VIIH yang berjumlah 34 orang, dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan alasan dan kategori tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji ANCOVA, hasil yang diperoleh nilai signifikansi 0,020 < 0,05 dan thitung 5,707 > ttabel 3,99 artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan ruang lingkup tata surya berpengaruh terhadap partisipasi belajar siswa pada kategori sedang. Besarnya pengaruh dilakukan dengan menggunakan uji effect size.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Melatih HOTS Peserta Didik pada Materi Teknologi Ramah Lingkungan Muhammad Adib Anshori; Arif Sholahuddin; Ellyna Hafizah
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v2i2.7395

Abstract

Higher Order Thinking Skills (HOTS) penting bagi peserta didik karena dalam kehidupan sehari-hari seringkali berhadapan dengan masalah baik yang berasal dari dalam dirinya sendiri maupun dari lingkungannya, namun kemampuan HOTS peserta didik umumnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis android untuk melatih HOTS peserta didik pada materi teknologi ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini diuji cobakan pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Martapura. Teknik analisis data yang digunakan yaitu aiken v, persentase dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan mendapatkan skor validitas 0,86, skor kepraktisan 93,28% dan skor keefektifan sebesar 0,76. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran IPA di SMP dan dapat digunakan untuk melatih HOTS peserta didik. Perlu diujicoba lebih lanjut dengan menambahkan video permasalahan yang ada dalam media pembelajaran dan melibatkan subjek penelitian yang lebih banyak.
Kepraktisan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Android "Sigema" Sistem Gerak Manusia Maulida Maulida; Noorhidayati Noorhidayati; Maulana Khalid Riefani
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v2i1.5030

Abstract

Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Android “Sigema” merupakan salah satu bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0 yang dapat diakses melalui smartphone. Pembelajaran konsep Sistem Gerak Manusia memerlukan bahan ajar yang sesuai untuk mengatasi kesulitan peserta didik. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, menggunakan model Alessi & Trollip (2001) dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu (1) Planning (perencanaan); (2) Design (perancangan); dan (3) Development (pengembangan). Subjek uji kepraktisan terdiri dari 15 (lima belas) peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Banjarmasin. Data diperoleh dari instrumen penilaian berupa instrumen kepraktisan. Analisis kepraktisan berdasarkan kriteria Widoyoko (2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Android “Sigema” Konsep Sistem Gerak Manusia yang dikembangkan memperoleh nilai kepraktisan 4,35 tergolong sangat praktis. Kata kunci: Bahan ajar, android, kepraktisan
Development of Science Learning Material Based on Scientific Literacy on Plants Tissues' Structure and Function Topic Nor&#039; ainah; Yudha Irhasyuarna; Mella Mutika Sari
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 3, No 1 (2023): Indonesian Journal of Science Education and Applied Science
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v3i1.8607

Abstract

Scientific literacy is knowledge and skills in the scientific field in order to have the ability to identify problems, gain new insights, explain scientific phenomena, make conclusions according to reality, master the uniqueness of science, be aware of science and technology that shape the natural environment, and be willing to participate and care with problems related to science. The Science module is teaching material in science lessons that can make it easier to achieve learning objectives. Teaching materials used in the learning process have an important role in determining the success of learning. Teaching materials used in SMP/MTs tend not to involve students in exploring and applying concepts, causing them to be less active and creative in the learning process. Therefore, researchers through this research developed a scientific literacy-based teaching material related to the structure and function of plant tissue in natural science lessons. This study aims to explain the feasibility of scientific literacy-based teaching materials in the form of modules, their uses, and their practicality. This research is classified as development research. The development model used is the 4D model (Define, Design, Development, and Dissemination). The results showed that the validity of the module obtained a percentage of 90% with an average of 3.60 valid criteria without revision. Then the results of the module scientific literacy validity obtained a percentage of 80% with an average of 3.37 valid criteria. So it can be concluded that the modules used as science teaching materials based on scientific literacy on the structure and function of plant tissues are valid and suitable for use as teaching materials.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Gerhana untuk Siswa SMP Sindhi Dwi Lestari; Maya Istyadji; Ellyna Hafizah
Indonesian Journal of Science Education and Applied Science Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/i.v2i2.7388

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan adanya tuntutan pemanfaatan hasilperkembangan teknologi terutama ketika proses pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajarnan materi gerhana yang sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi dan mampu digunakan untuk pembelajaran jarak jauhyang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah pada kelompok kecil 8 peserta didik kelas VII SMP/MTs sederajat. Data penelitian berupa hasil validasi yang ditinjau dari hasil lembar validasi dan hasil kepraktisan yang ditinjau dari angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran articulate storyline pada materi gerhana  (1) Hasil validasi kelayakan media ditinjau dari ahli materi dan ahli media mencapai 0,91 dengan kategori sangat valid (2) Hasil kepraktisan didapatkan mencapai 88% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini media pembelajaran articulate storyline pada materi gerhana untuk siswa SMP dinyatakan layak teruji dan praktis.

Page 1 of 3 | Total Record : 30