Jurnal Kualitas Pendidikan
Vol 2 No 2 (2024)

ANALISIS SUPERVISI SEKOLAH PADA YAYASAN PERGURUAN SMP SWASTA TRI KARYA

Susanti, Sani (Unknown)
Agustina Simanjuntak, Kristin (Unknown)
Fadhilah Sembiring, Nurul (Unknown)
Fadillah, Dwi (Unknown)
Rulianty Sihombing, Rulina (Unknown)
Ananda Br Sinaga, Dea Bilqis (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pelaksanaan supervisi akademik di SMP Swasta Tri Karya, yang merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru dan kepala sekolah yang terlibat dalam supervisi. Supervisi akademik di SMP Swasta Tri Karya dilakukan secara terencana dan sistematis, mencakup observasi kelas, evaluasi, dan pemberian umpan balik konstruktif kepada guru. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan penerimaan guru terhadap evaluasi, supervisi akademik diukur dari peningkatan kualitas pengajaran, hasil belajar siswa, dan umpan balik dari guru. Faktor kunci dalam supervisi yang efektif meliputi komunikasi terbuka, dukungan sekolah, sumber daya yang memadai, dan pendekatan yang empatik. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya supervisi akademik yang berkelanjutan untuk mendukung guru dan meningkatkan lingkungan belajar bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kualitas pendidikan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...