MENTARI : Journal Of Islamic Primary School
Vol 2 No 3 (2024): September 2024

Urgensi Integrasi Ilmu Ke-MI-an dengan Ilmu Islam: Studi Kepustakaan

Sari, Putri Sekar (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2024

Abstract

Pendidikan menjadi tumpuan dan kunci utama dalam membimbing dan mengarahkan generasi emas menapaki masa depan. Namun, adanya tawaran konsep dan paradigma dalam aspek pendidikan menjadi penyebab terjadinya dikursus dikotomi dan dualisme pendidikan, sehingga integrasi keilmuan dalam islam terus diupayakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya integrasi ilmu ke-MI-an dan ilmu islam, namun tidak hanya terfokus pada urgensinya saja melainkan memberikan pemahaman akan konsep dan implementasi integrasi ilmu ke-MI-an denan ilmu islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan (library research). Adapun proses pengumpulan ddan sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi pustaka seperti buku-buku terkait pokok bahasan, artikel jurnal dan penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi ilmu umum dengan ilmu Islam bukan hanya sekedar memadukan dua sumber pengetahuan saja, melainkan memperkaya pemahaman dan pengalaman tentang dunia dan nilai-nilai individu sebagai manusia. Hal ini sangat penting untuk menghasilkan individu yang lebih terdidik, berempati, dan berkontribusi positif dalam masyarakat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Mentari : Journal of Islamic Primary School is a double-blind peer-reviewed journal published by the Study Program of Education for Islamic Elementary School Teachers , Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. The journal publishes research articles of Islamic primary ...