re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management)
Vol. 7 No. 1 (2024)

STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI LAYANAN PROGRAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA SMA NEGERI 2 PAMEKASAN

Ratnawati, Rinta (Unknown)
Wafi, Abdul (Unknown)
Hadi, Saiful (Unknown)
Qosim Mubah, Hilmi (Unknown)
Rikawari Nusih (Unknown)
Zeinal Abidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang harus di bentuk oleh stakeholder pendidikan kepada peserta didik. Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan seseorang yang mencerminkan bahwasanya dirinya terus mengupayakan agar lingkungannya tetap terjaga yaitu dengan mencegah kerusakan lingkungan serta berusaha untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan alam yang sudah terjadi. Salah satu program yang dapat membentuk karakter peduli lingkungan yaitu dengan adanya layanan program ekstrakurikuler pramuka. Melalui kegiatan pramuka, siswa tidak hanya dapat mengasah jiwa kepemimpinan, tolong menolong dan kedisiplinan saja melainkan juga dapat meningkatkan jiwa kepeduliannya terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya terdiri dari kepala sekolah, guru pembina pramuka dan juga siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pembentukan karakter peduli lingkungan melalui layanan program ekstrakulikuler pramuka SMA Negeri 2 Pamekasan yaitu dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang berhubungan dengan peduli lingkungan kepada siswa, menempelkan media poster peduli lingkungan di sekitar lingkungan sekolah, memberikan himbauan serta bekerjasama dengan pihak luar; kedua, faktor pendukung dan penghambatnya, faktor pendukungnya: kegiatan Pramuka di SMA Negeri 2 Pamekasan yang bersifat wajib sehingga dapat secara terus menerus dalam mengajarkan peduli lingkungan kepada siswa. Sementara untuk faktor penghambatnya yaitu dari latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, artinya ada peserta didik yang memang sudah memiliki dasar karakter peduli lingkungan namun juga ada peserta didik yang kurang memiliki dasar karakter peduli lingkungan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

re-jiem

Publisher

Subject

Education Other

Description

re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) is a peer-reviewed journal on Islamic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published twice a year (June and December). The editors welcome scholars, researchers and ...