Penelitian ini menggali pentingnya pendampingan siswa dalam menghafal mufradat untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat di VII MTs Nurul Huda Kapongan Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pendampingan terhadap prestasi akademik, pengembangan karakter, peningkatan keterampilan non-akademik, dan kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran bahasa yang komprehensif yang melibatkan kegiatan menghafal, mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Kolaborasi antara mentor, siswa, dan orang tua ditekankan untuk memastikan efektivitas proses pendampingan. Hasil pendampingan meliputi peningkatan prestasi akademik, peningkatan keselarasan nilai-nilai Islam dalam pengembangan karakter, pengembangan keterampilan non-akademik yang penting untuk kesuksesan di masa depan, dan peningkatan kesejahteraan psikologis di kalangan siswa. Temuan ini menyoroti peran penting pendampingan dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa, meningkatkan tingkat kepercayaan diri, meningkatkan kemahiran bahasa Arab, dan memperkuat pemahaman nilai-nilai Islam. Studi ini menggarisbawahi dampak holistik pendampingan terhadap prestasi akademik, pembentukan karakter, kemahiran bahasa, dan perkembangan spiritual siswa di MTs Nurul Huda.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024