Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 2 (2023): Edisi Maret 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA KANTONG AJAIB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK

Andy, Andy (Unknown)
Neni Triani, Susan (Unknown)
Yanti, lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

.Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib dalam pembelajaran materi menulis cerita pendek  yang ada di semester ganjil kelas IX SMP. Secara rinci tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan menulis cerita pendek sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran menggunakan TAI; (2) mendeskripsikan keterlaksanaan proses pemebelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib pada materi menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre-eksperimental design dengan rancangan one group pretest posttest. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis cerita pendek antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pemebelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib dengan nilai rata-rata N-gain 0,67 dengan kategori sedang, (2) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib  dalam pembelajaran menulis cerita pendek termasuk dalam kategori baik dengan perolehan presentase keterlaksanaan sebesar 79,54% dan (3) Respon belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib  untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek termasuk kedalam kriteria baik dengan presentase mencapai 88,7%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek, pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dan respon siswa tergolong baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...