Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas perancangan media pembelajaran Game Edukasi menggunakan Adobe Animate CC pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP N 39 Padang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (research & development). Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian pengembangan (ADDIE model), dengan desain langkah – langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) Analyze (2) design (3) development (4) Implementation dan (5) Evaluate. Subjek penelitian berjumlah 32 orang. Keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Game Edukasi menggunakan Adobe Animate CC pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP N 39 Padang sebesar 88,00% dengan interprestasi sangat valid digunakan. Keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Media Pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate CC pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP N 39 Padang sebesar 82,53% dengan interprestasi praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas Media Pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate CC pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP N 39 Padang sebesar 81,00% dengan interprestasi efektif digunakan. Kesimpulannya, bahwasanya media pembelajaran Game Edukasi sebagai Game Edukasi sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelahjaran IPS kelas VIII di SMP N 39 Padang.
Copyrights © 2024