Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 1 No. 9 (2024): Juli

Pengembangan UMKM Melalui Optimalisasi Pemasaran Dan Inovasi Produk Di Desa Bulu

Emiarti, Endah (Unknown)
Yasdi, Yasdi (Unknown)
Muntholip, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Tim Pengabdian Masyarakat berupaya meningkatkan kualitas produk UMKM Desa Bulu dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh masyarakat Desa Bulu terkait pengembangan Produk. Selanjutnya tim memberikan inovasi pada produk yang sudah ada namun belum berkembang seiringnya zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Produk UMKM melalui Optimalisasi Digital Marketing. Pelaku UMKM berperan penting dalam mengembangkan produk mereka. Sebagai pendekatan dalam acara ini maka tim melakukan survei penghambat dari berkembangnya produk UMKM, serta bekerjasama dengan pihak terkait untuk memperlancar kegiatan yang sedang diadakan. Pasca pelaksanaan pengabdian masyarakat, para pelaku UMKM memahami terkait digital marketing, pentingnya label sertifikasi halal, dan menarikan kemasan produk. Selama pelaksanaan ini mampu memberikan manfaat yang besar dan cocok bagi para pelaku UMKM, yang semula pelaku UMKM sangat minim pengetahuan tentang hal tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...