Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 1 No. 11 (2024): September

Implementasi Strategi Branding dan Marketing pada UMKM Manisan di Desa Bagan Jawa

Humairoh, Fitri (Unknown)
Hardiansyah, Baso' M. Sandra (Unknown)
Saragih, Draivo Prasetya (Unknown)
Simanungkalit, Vitra Stephani (Unknown)
Sari, Atika (Unknown)
Nur, Fihal (Unknown)
Manurung, Winny Meistyati (Unknown)
Ramadhani, Rani (Unknown)
Nabila, Intan (Unknown)
Mudari, Tasya Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Perkembangan UMKM dapat dimulai dari bagaimana UMKM melakukan branding untuk produk ataupun usahanya. Tujuan dilakukan branding sebagai strategi  pembentuk persepsi yang positif dalam benak konsumen, baik dari segi merek, produk, hingga perusahaan yang mengelola. “Manisan Buk Imah” merupakan salah UMKM yang berada di desa Bagan Jawa, UMKM ini memproduksi manisan menggunakan beberapa jenis buah. Permasalahan yang dihadapi UMKM ini yaitu kemasan yang digunakan kurang menarik dan strategi pemasarannya hanya melalui mulut ke mulut. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, Tim KUKERTA UNRI desa Bagan Jawa Tahun 2024 melakukan pengabdian berupa implementasi strategi branding dan marketing untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan kualitas usaha "Manisan Buk Imah". Tujuan dari pengimplementasian strategi branding dan marketing ini untuk memperbaiki manajemen usaha melalui peningkatan strategi pemasaran  serta memperluas pemasaran dengan memasukkan manisan buk Imah ke toko oleh-oleh. Metode yang kami gunakan dalam pengabdian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Kami melakukan wawancara dengan owner manisan buk Imah. Sehingga hasil yang kami dapatkan ketika melakukan pengabdiian ini adalah terciptanya label produk, kemasan yang lebih menarik, adanya spanduk usaha, dan terbentuknya titik koordinat pada google maps.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...