Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 5 (2024): Juli

Peningkatan Aspek Kognitif dan Motorik Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan berbasis STEAM Di TK Negeri Pembina Ketapang

Safitri, Rani (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)
Hindrya, Meynar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Mengeksplorasi penerapan kegiatan berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam meningkatkan aspek kognitif dan motorik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ketapang. Pendekatan STEAM mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu melalui kegiatan yang melibatkan proses sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, serta keterampilan motorik halus dan kasar pada anak usia dini. Meskipun telah banyak penelitian yang mengkaji efektivitas pendekatan STEAM, masih sedikit penelitian yang secara khusus menerapkan pendekatan ini pada anak usia 5-6 tahun di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik dan praktisi PAUD dalam merancang kegiatan pembelajaran yang lebih menarik, berpusat pada anak, dan dapat mengoptimalkan perkembangan anak secara holistik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...