Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 8 (2024): Oktober

Penguatan Technological Pedagogy Knowledge Berbasis Moderasi Beragama Melalui Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Pro bagi Guru Agama SDN Dau Malang

Toifah, Nur (Unknown)
Supriyanto, Supriyanto (Unknown)
Jabbar, Ahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah menjelaskan proses penguatan technological pedagogy knowledge berbasis moderasi beragama melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi canva pro bagi guru agama Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah Participatory Action Research atau yang biasa disingkat dengan PAR. Kegiatan pelatihan ini terdari tiga sesi, yaitu pemaparan materi yang menjelaskan proses pembelajaran yang baik dan menarik sesuai dengan kebutuhan siswa, juga mencakup materi tentang urgensi moderasi beragama dalam pembelajaran agama di SDN yang memiliki siswa beragam agama. Pemaparan materi selanjutnya tentang tata cara pengoperasionalan aplikasi canva pro sebagai salah satu media pembelajaran agama berbasis moderasi beragama di SDN, dengan harapan proses pembelajaran di SDN dapat berjalan dengan baik, menyenangkan, menarik, dan membisakan siswa. Kegiatan selanjutnya adalah diskusi yang mana para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan, dan kegiatan terakhir adalah praktik menggunakan aplikasi canva pro dalam menyusun bahan ajar dan media pembelajaran dengan didampingi tim pengabdian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...