Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 1 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Bagi Siswa Sekolah Dasar

Sari, Mawar (Unknown)
Hidayah, Nurul (Unknown)
Nursakinah, Nursakinah (Unknown)
Fatmasari, Erika (Unknown)
Bulan, Bulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh dampak media sosial terhadap kesehatan mental bagi siswa sekolah dasar. Selain itu, media sosial juga memiliki tujuan sebagai alat untuk mempermudah segala kegiatan dan aktivitas kehidupan sehari-hari sebagi mahluk sosial seperti dalam dunia pendidikan sangat membantu siswa dalam menambah wawasan dan pengetahuannya. Penelitian ini menggunakan metode literasi (literature review), dan menggunakan pendekatan library research atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab mengenai seberapa jauh dampak media sosial terhadap kesehatan mental bagi siswa sekolah dasar. Penelitian terlebih dahulu sudah terkumpul atau daya yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan agar mendapatkan kesimpulan mengenai Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Bagi Siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan pengaruh negatif yang harus dilakukan atau ditanggapi secara profesional sebagai salah satu penggunaan media sosial di era perkembangan teknologi modern saat ini serta media sosial memiliki faktor resiko yang cukup besar sebagai salah satu bagian yang mempermudah kehidupan manusia yang tidak dapat kita pungkiri.  

Copyrights © 2024