Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 1 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III di SD Negeri Wonoyoso

Khasanah, Nurul Uswatun (Unknown)
Rini, Zulmi Roestika (Unknown)
Fitra, Epe Agung Pribadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain Quasi Experimental (Non Equivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Wonoyoso. Sampel penelitian adalah kelas IIIA sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IIIB sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes melalui pretest dan posttest serta teknik non tes meliputi observasi, dokumentasi, wawancara tak berstruktur, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dengan hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Video Animasi.

Copyrights © 2024