Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 1 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education Melalui Kegiatan Lesson Study

Hirzi, Ristu Haiban (Unknown)
Chandrawati, Chandrawati (Unknown)
Septiani, Ayu (Unknown)
Astutu, Siti Hariati (Unknown)
Bidayah, Nikmatul (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa dengan pendekatan RME melalui kegiatan lesson study pada materi bangun ruang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII MA MUALLIMAT NW Pancor tahun prmbelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus, setiap siklus tediri dari 3 tahap yaitu Plan, Do dan See. Data kemampuan memecahkan masalah matematika diperoleh dari hasil tes evaluasi pembelajaran, sedangkan aktivitas siswa dan guru diperoleh dari lembar observasi dan data respon siswa diperoleh dari angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sebesar 24,14% dengan kriteria aktivitas belajar siswa adalah aktif dan aktivitas guru pada kriteria cukup baik serta kriteria kegiatan diskusi kelompok adalah baik. Pada siklus II kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sebesar 61,54% dengan kriteria aktivitas belajar siswa adalah aktif dan aktivitas guru pada kriteria sangat baik serta kriteria kegiatan diskusi kelompok adalah baik. Pada siklus III kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sebesar 92,59% dengan kriteria aktivitas belajar siswa adalah sangat aktif dan aktivitas guru pada kriteria sangat baik serta kriteria kegiatan diskusi kelompok adalah baik.

Copyrights © 2024