Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 1 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Penerapan Storytelling Dongeng Timun Emas Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV di SDN 2 Kelayu Selatan

Hakim, Arif Rahman (Unknown)
Hadiah, Hastuti (Unknown)
Apriliani, Heni Tia Asri (Unknown)
Maulida, Hesti (Unknown)
Azizah, Hidayatul (Unknown)
Purnama, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode storytelling dongeng timun emas melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa kelas IV di SDN 2 kelayu selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan lembar observasi percaya diri siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap pra penelitian, tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan terakir yaitu tahap refleksi tindakan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu penerapan metode storytelling dengan menggunakan teks cerita timun emas melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa di kelas IV berhasil diterapkan dengan mengacu pada hasil data yang menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada proses pembelajaran di sekolah yaitu Peningkatan rasa kepercayaan diri dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kelayu Selatan termasuk sudah berkembang dengan baik yaitu mencapai 84.44%.

Copyrights © 2024