Jambura Journal of Community Empowerment
Volume 4 No. 2: Desember 2023

Tindak Tutur Ekspresif Guru Di Kelas VI SDN Kota Gorontalo Dalam Proses Belajar Mengajar

Yusuf, Risnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk tindak tutur ekspresif guru di kelas VI SDN 42 Kota Gorontalo dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tuur ekspresif guru di kelas VI SDN 42 Kota Gorontalo dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, peneliti mendeskripsikan secara jelas bentuk tindak tutur ekspresif yang akan digunakan guru pada saat belajar mengajar di dalam kelas. Ada pun sumber data yang di gunakan peneliti adalah data primer. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif, tipe penelitian ini bersifat penelitian lapangan sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah merekam, dokumentasi, dan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan suatu kejadian secara sistematis dan akurat. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif. Salah satu teknik yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data adalah observasi partisipan. Dalam hal ini, peneliti melakukan observasi di dalam kelas dengan cara mengunjungi sekolah tempat peneliti akan mengamati bagaimana bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru disekolah tersebut dalam berterima kasih, memuji, menyalahkan, dan mengucapkan selamat kepada muridnya.Tindak tutur ekspresif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjce

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The ...