Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pola asuh keluarga dalam membentuk kepercayaan diri remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh keluarga tipe autoritatif, tingkat kepercayaan diri siswa, serta hubungan antara pola asuh keluarga tipe autoritatif dengan kepercayaan diri remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Semarang tahun ajaran 2022/2023, dengan pengumpulan data dilakukan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87% (70 siswa) mendapatkan pola asuh autoritatif yang tinggi, dan 81,2% (65 siswa) memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Uji hipotesis menggunakan Korelasi Product Moment Pearson menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,516, yang mengindikasikan hubungan yang kuat. Dengan demikian, H₁ diterima dan H₀ ditolak, yang berarti terdapat hubungan positif antara pola asuh autoritatif dengan kepercayaan diri remaja di SMP Negeri 29 Semarang. Semakin tinggi penerapan pola asuh autoritatif oleh orang tua, semakin tinggi kepercayaan diri remaja. Penelitian ini memiliki urgensi dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam memberikan wawasan bagi orang tua dan pendidik mengenai pentingnya penerapan pola asuh yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja, yang berdampak positif terhadap perkembangan psikologis dan sosial mereka.
Copyrights © 2024