Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak di Sekolah Dasar Negeri 012 Purnama Dumai Barat Kota Dumai

Ramadhan, Syahri (Unknown)
Afridawati Butar-Butar, Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Pada umumnya pola asuh orang tua adalah mangasuh, mendidik, dan mendampingi anak. Pola asuh yang terbagi 3 yaitu: pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif, orang tua yang menerapakan tipe pola asuh tentu akan memiliki dampak pada sikap maupun kegiatan belajar anak. Penelitian ini membahas “Tipe Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Di SD Negeri 012 Purnama Dumai Barat, Kota Dumai”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tipe pola asuh orang tua dan apa implikasi dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pada anak di SD Negeri 012 Purnama. Metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini ialah 6 orang tua, 6 anak dan 3 orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tipe pola asuh yang diterapkan pada orang tua terhadap anak dapat mempengaruhi keberhasilan belajar seperti 1). pola asuh otoriter orang tua yang cendrung memaksa, membandingkan anak, membentak dan kasar yang membuat anak kurang aktif, sulit konsentrasi dan kurang mengikuti kegiatan belajar dengan baik dan tertib. 2.) Pola asuh demokratis orang tua yang memberikan bimbingan dan perhatian penuh serta memiliki hubungan komunikasi yang baik terhadap anak hal ini membuat anak lebih aktif dan mandiri dalam kegiatan belajar. 3). Pola asuh pemisif, orang tua cenderung mengikuti keinginan anak, memberikan kebebasan tanpa pengawasan yang kuat yang membuat anak juga kurang aktif dan mandiri pada kegiatan belajar. Kata kunci: Psikologi, Pola Asuh, Pendidikan Anak

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alkifayah

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus: This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...